Tipe Hati Manusia

Bismillahirrahmanirrahim..

Alhamdulillah segala puji hanya milik allah yang telah membrikan kita nikmat2 yang jika kita hitung-hitung niscaya kita tidak bisa menghitungnya, walaupun dengan menggunakan bantuan berupa alat teknologi ataupun yang sejenisnya

"Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari
(nikmat Allah(QS. Ibrahim :34)

Dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut (menjadi tinta), ditambahkan kepadanya tujuh laut (lagi) sesudah (kering)nya, niscaya tidak akan habis-habisnya (dituliskan) kalimat Allah Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.( QS Lukman : 27)

Subhallah Allahu Akbar, sungguh hanyak nikmat yang engkau berikan kepada kami dan mudah-mudahan kami termasuk orang-orang yang bersyukur..

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." ( QS Ibrahim :7 .

Allah telah memeberikan kepada manusia 3 komponen yaitu Penglihatan, pendengaran dan hati

Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.(An Nahl : 78 )

Dari ketiga komponen itu insaalah ane mau ngejelasin masalah hati
Hati adalah organ yang sangat vital yang berada pada tubuh kita dan hati juga merupakan motor yang selalu mengerakan langkah kita kearah kebaikan maupun kearah keburukan.. tergantung yang menggerakannya Rasulullah SAW bersabda
" ketahuilah sesungguhnya di dalam tubuh manusia ada segumpal daging, apabila daging itu baik maka baiklah tubuh manusia dan apabila daging itu rusak maka rusak pula tubuh manusia ketahuilah bahwa sesungguhnya segumpal daging itu adalah hatia (HR. BUKHARI-MUSLIM)

hati manusia terbagi 3
1. Qolbun Shahih yaitu hati yang sehat dan bersih dari setiap nafsu yang menentang perintah ALLAH SWT. Hati yang selalu meng-esakan allah, hati orang2 beriman yang selalu bergetar apabila mendengar ayat-ayat allah

"Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal ( QS AL Anfal : 2)

2.Qolbun Mayyit hati yang sudah mati yang tidak pernah mengenal siapa tuhanya, hati yang jika di seru kepada jalan ALLAH SWT maka seruan itu tidak berfaedah sama sekali

Dan di antara mereka ada orang yang mendengarkani (bacaan)mu, padahal Kami telah meletakkan tutupan di atas hati mereka (sehingga mereka tidak) memahaminya dan (Kami letakkan) sumbatan di telinganya. Dan jikapun mereka melihat segala tanda (kebenaran), mereka tetap tidak mau beriman kepadanya. Sehingga apabila mereka datang kepadamu untuk membantahmu, orang-orang kafir itu berkata: "Al-Quran ini tidak lain hanyalah dongengan orang-orang dahulu."( QS AL An'am: 25)

hati tipe ini adalah hatinya orang-orang yang tidak mau memahami ayat-ayat allah.
Mereka berkata: "Hati kami berada dalam tutupan (yang menutupi) apa yang kamu seru kami kepadanya dan telinga kami ada sumbatan dan antara kami dan kamu ada dinding, maka bekerjalah kamu; sesungguhnya kami bekerja (pula)."( QS Fushshilat: 5)

3. Qolbun Maridl yaitu hati yang sakit hati yang telah di susupi oleh syaitan dengan angan-angan yang menjuahkan manusia dari Rabb nya yang sebenarnya memiliki kehidupan, namun di dalamnya tersimpan benih-benih penyakit beruipa kejahilan sehingga orang yang tersusupi oleh syaitan laknatullah akan menimbulkan sifat ragu2 dan menyesatkan,,

"Sesungguhnya jika tidak berhenti orang-orang munafik, orang- orang yang berpenyakit dalam hatinya dan orang-orang yang menyebarkan kabar bohong di Madinah (dari menyakitimu), niscaya Kami perintahkan kamu (untuk memerangi) mereka, kemudian mereka tidak menjadi tetanggamu (di Madinah) melainkan dalam waktu yang sebentar" (Qs Al Ahzab:60)

hati yang sedang sakit akan semakin parah apabila tidak segera di obati, dan obat yang paling ampuh iyalah ALQURAN

Wallahua'lam Bishowab