Tips-Tips Menguatkan Memory Otak


Tips-Tips Menguatkan Memory Otak

1. konsumsi kacang kedelai. Menurut Prof. Sandra File dari Guy;s Hospital London, kacang mengandung isoflavones. Di dalam otak isoflavones dapat bertindak sebagai reseptor eksogen, terutama dalam hipokampus, area penting untuk memory.

2. konsumsi zat besi.penelitian di Kings College, London dan universitas Rochester, New York menunjukan bahwa penurunan konsumsi zat besi dapat berdampak terhadap perkembangan IQ dan fungsi kongnitif. Dalam hal ini, zat besi memainkan peran penting dalam merubah signal dalam otak.

3. konsumsi kopi. Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memory. Hal ini di mungkinkan karena kopi mampu merangsang banyak daerah dalaam otak yang dapat mengatur tetap terjaga dan konsentrasi. Hasil penelitian di universitas Arizona ditemukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum menjalani tes memory menunjukan perkembangan yang signifikan disbanding mereka yang minum kopi tanpa kafein.

4. konsumsi permen karet. Para peneliti jepang menemukan bahwa aktifitas dalam hipokamus mengalami peningkatan pada saat orang sedang mengunyah permen karet. Tetapi, Dr. Andrew Scholey dari universitas Nothumbria mengatakan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan denyut jantung sehingga memperbaikai oksigen yang dikirim ke otak dan meningkatkan kekuatan kongnitif.

5. konsumsi Gingko Biloba. Ginko Biloba dikenal dan di gunakan sebagai alat penguat daya ingat selama beribu-ribu tahun yang lalu. Menurut Dr. George Lewith,Gingko dapat memperbaiki sirkulasi darah ke otak dengan membesarkan pembuluh darah sehingga meningkatkan suplai oksigen.

6. konsumsi minyak ikan. Minyak ikan banyak nengandung asam lemak omega3, yang merupakan komponen penting dari membran sel otak dan dapat memperbaiki kekuatan daya ingat.

7. konsumsi rosemary dan sage. Minyak dari tumbuhan ini dapat merangsang memory, memprkuat kejenihan dan kesadaran serta membantu penyembuhan kecapaian mental.

8. konsumsi Vitamin B. Vitamin B berfungsi mengirimkan oksigen ke otak dan memberikan perlindungan terhadap kerusakan bebas. Vitamin B dapat mempertajam dan meningkatkan daya ingat. Misalnya, niasin atau B3 sangat baik untuk memprkuat otak, B6 penting untuk memproduksi neurotransmiter, dan B12 baik untuk kesehatan otak keseluruhan.

9. lakukan latihan mental. Penelitian menunjukan bahwa rangsangan mental dapat menjaga otak tetap sehat dan meningkatkan kekuatan daya ingat. Orang yang mempunyai daya ingat bagus cenderung memiliki beberapa keinginan dan dapat mengatasi tantangan latihan mental. Latihan mental dapat menggunakan teknik puzzle, teka-teki, dan minat pada bidang social dan budaya.

10. lakukan latihan fisik. Latihan fisik setengah jam sebanyak tiga kali selama seminggu cukup berdampak pada peningkatan kekuatan otak. Olahraga dapat memperbaiki kemampuan jantung untuk memompa darah lebih efektif.

By Alfarisi