Pemuda Harapan Islam...

بِسْمِﺍﷲِﺍلرَّحْمٰنِﺍلرَّحِيْمِ


Apakah Anda mengaku sebagai pemuda? Ya, mungkin saja anda pemuda. Pemuda artinya adalah menusia/ orang yang masih tergolong remaja yang produktif, aktif, dinamis, memiliki tubuh segar, dan masih memiliki semangat. Tapi, apakah Anda semua adalah Pemuda Harapan Islam?

Pemuda Harapan Islam adalah pemuda yang soleh/ah. Ciri utama dari pemuda harapan Islam adalah menjadi penerus dari pelurus. Artinya, pemuda ini meluruskan kesalahan-kesalahan yang ada dahulu kemudian meneruskan apa yang sudah lurus. Masih bingung? Contohnya saja di Indonesia ini. Korupsi merajalela. Apakah pemudanya akan meneruskan budaya korupsi ini? Berbeda dengan pemuda harapan Islam. Pemuda ini akan membrantas korupsi terlebih dahulu alias meluruskan kesalahan-kesalahan yang ada. Setelah korupsi tidak ada lagi, pemuda akan mempertahankan kebudayaan jujur ini. Itulah pemuda harapan Islam.

Jadi, pemuda harapan Islam adalah pemuda yang selalu ingin memperbaiki sesuatu yang tidak sesuai dengan prinsip (aqidah) Islam. Tentunya Anda ingin menjadi pemuda harapan Islam bukan? Bagaimana sih ciri-ciri pemuda harapan Islam? Ciri-cirinya adalah:


Pemuda harapan Islam selalu mencari ilmu dan tidak puas jika hanya memperoleh ilmu dari satu tempat saja. Sehingga pemuda ini akan mencari ilmu terus-menerus tanpa membuang waktu percuma. Selain itu, pemuda ini tidak mengikuti apa-apa yang dia tidak ketahui ilmunya.
“Dan janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui. Karena pendengaran, penglihatan dan hati nurani, semua itu akan dimunta pertanggungjawabannya.” (QS. Al-Isra’(17) : 36)

Berani beridentitas ini cukup dengan menutup aurat. Baik muslim ataupun muslimah memiliki kewajiban menutup auratnya.
“Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat. Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya...” (QS.An-Nur (24): 30-31)

“Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri...” (QS. Ar-Rad (13): 11)

Pemuda harapan Islam selalu bersemangat untuk menjadi yang lebih baik. Karena mereka yakin merekalah yang akan mengubah nasib mereka sendiri.

Sifat-sifat ibadurrahman yaitu
- Rendah hati
“Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata menghina), mereka mengucapkan, salam.” (QS. Al-Furqaan: 63)
- Memelihara shalat malamnya
“dan orang-orang yang menghabiskan waktu malam untuk beribadah kepada Tuhan mereka dengan bersujud dan berdiri.” (QS. Al-Furqaan: 64)
- Senantiasa berdoa agar dijauhkan dari azab neraka jahannam
“Dan orang-orang yang berkata,”Ya Tuhan kami, jauhkanlah azab Jahanam dari kami,...” (QS. Al-Furqaan: 65)-
- Tidak boros dan tidak kikir
“Dan orang-orang yang apabila menginfakkan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, diantara keduanya secara wajar.” (QS. Al-Furqaan: 67)
- Tidak syirik, tidak membunuh, tidak berzina
“dan orang-orang yang tidak mempersekutukan Allah dengan sesembahan lain dan tidak membunuh orang yang diharamkan Allah kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina...” (QS. Al-Furqaan: 68)
- Orang-orang yang bertaubat
“...orang-orang yang bertaubat...” (QS. Al-Furqaan: 70)
- Tidak berdusta dan menjaga kehormatan dirinya
“Dan orang-orang yang tidak memberikan kesaksian palsu, dan apabila bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah, mereka berlalu dengan menjaga kehormatan dirinya.” (QS. Al-Furqaan: 72)

5. Takut Dengan Azab Allah.
Inilah hal terpenting dari pemuda harapan Islam. Kenapa??? Karena pada dasarnya, orang yang takut dengan azab Allah akan berusaha melakukan perbuatan-perbuatan yang benar karena takut akan azab Allah.
“Dan sungguh akan Kami isi neraka Jahanam banyak dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka memiliki telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-aya Allah). Mereka seperti hewan ternak bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lengah.” (QS. Al-A’Raaf: 179)

Itulah Pemuda Harapan Islam. Semoga para pembaca bisa menjadi Pemuda Harapan Islam. Aamiin...
By : Ukhti Nia