Pohon Yang Rindang

Pohon yang rindang berasal dari biji yang ditanam. Semakin hari pohon semakin tumbuh membesar. Tapi sayang, pohon itu tumbuh digunung yang tinggi. Sehingga angin kencang sering menerpanya.

Semakin hari angin semakin kencang. Sang pohon tanpa pernah ada kata putus asa tetap bertahan. “Bertahanlah… semakin aku bertambah besar, semakin kencang angin yang menerpa…” katanya dalam hati.
Saat datangnya musim kemarau, dia terpaksa menggugurkan daunnya untuk bertahan hidup. Inilah hidup. Penuh dengan pengorbanan.
Semakin hari, semakin sulit air yang ia peroleh. Ia tetap berusaha. Memanjangkan akarnya kebumi untuk mencari air. Hanya untuk bertahan hidup… Angin yang menerpanya semakin kencang saja.

Tanpa dia sadari… kesulitan-kesulitan itu berbuah manis. Akarnya sangat kokoh menancap kedalam bumi. Batangnya tegak berdiri menantang angin. Daunnya rindang dan memberikan kesejukan bagi yang berteduh dibawahnya, dan buahnya… manis.
Itulah sebuah perjuangan. Setelah kesulitan ada kemudahan, setelah kesedihan ada kebahagiaan. Belajarlah dari pohon itu untuk tabah menghadapi ujian. Semakin tinggi pohon, semakin kencang angin yang menerpanya. Begitupula pada manusia… semakin beriman, semakin sulit ujiannya.
Keep Istiqomah^^